1. Foto Hardware dan Diagram Blok [Kembali]
Diagram Blok:

2. Prosedur Percobaan [Kembali]
- Rangkai semua komponen
- Buat program di aplikasi arduino IDE
- Setelah selesai masukkan program ke arduino
- Jalankan program pada simulasi dan cobakan dengan modul
Prinsip Kerja
Pada rangkaian ini menggunakan komponen antara lain yaitu mikrokontroler (ATMEGA328P-PU), push button, dan 7-segment.
Prinsip kerja rangkaian ini ialah dimana push button yang merepresentasikan keypad 4x4 berfungsi sebagai input sedangkan 7-segment berfungsi sebagai output.
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3','A'},
{'4','5','6','B'}, // Keypad 4x4 layout
{'7','8','9','C'},
{'*','0','#', 'D'}
};
byte rowPins[ROWS] = {A4, A3, A2, A1}; // Connect to the keypad row pins
byte colPins[COLS] = {12, 11, 10, 13}; // Connect to the keypad column pins
Sesuai dengan program arduino yang sudah di buat dimana terdapat array matrix 4x4 yang merepresentasikan layout keypad, yang masing-masing karakter terkait degan tombol pada keypad. Jadi apabila kita menekan tombol pada keypad maka akan dimunculkan tulisan tombol tersebut di 7-segment.
Dengan kondisi yang diinginkan berupa tombol pertama akan menampilkan display angka 3 (bukan angka 1), maka disini saya mengubah output yang diinginkan dengan memvariasikan urutan column sehingga yang awalnya dengan urutan pin arduino dari 10-13, menjadi pin 12 yang berperan sebagai kolom pertama. Jadi apabila kita menekan button baris 1 kolom 1, maka display 7-segment akan tertulis "3" selama 1 detik sebelum menghapusnya kembali.
4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]
Listing Program:
#include
const byte ROWS = 4; // Four rows
const byte COLS = 4; // Fou columns
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3','A'},
{'4','5','6','B'}, // Keypad 4x4 layout
{'7','8','9','C'},
{'*','0','#', 'D'}
};
byte rowPins[ROWS] = {A4, A3, A2, A1}; // Connect to the keypad row pins
byte colPins[COLS] = {12, 11, 10, 13}; // Connect to the keypad column pins
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
const int segmentPins[] = {9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2}; // Connect to the seven-segment display segment pins
void setup() {
for (int i = 0; i < 8; i++) {
pinMode(segmentPins[i], OUTPUT);
}
}
void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) {
displayCharacter(key);
delay(1000);
clearDisplay();
}
}
void displayCharacter(char ch) {
// Define segment patterns for each digit (0-9)
// Example: Displaying '1'
// A
// F B
// G
// E C
// D
byte patterns[][9] = {
{0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1}, // 0
{1, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 1
{0, 0, 1, 0, 0, 1, 0, 1}, // 2
{0, 0, 0, 0, 1, 1, 0, 1}, // 3
{1, 0, 0, 1, 1, 0, 0, 1}, // 4
{0, 1, 0, 0, 1, 0, 0, 1}, // 5
{0, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 6
{0, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 7
{0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 8
{0, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 1}, // 9
{0, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 1}, //a
{1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, //b
{0, 1, 1, 0, 0, 0, 1, 1}, //c
{1, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 1}, //d
};
if ((ch >= '0' && ch <= '9') || (ch >= 'A' && ch <= 'D')) {
// Get the digit index (0-9) from the character
int index = (ch <= '9')? (ch - '0') : (ch - 'A' + 10);
// Write the pattern to the segment pins
for (int i = 0; i < 7; i++) {
digitalWrite(segmentPins[i], patterns[index][i]);
}
}
}
void clearDisplay() {
for (int i = 0; i < 8; i++) {
digitalWrite(segmentPins[i], HIGH);
}
}
Percobaan 2 Kondisi 1 : "Button baris 1 kolom 1 menampilkan angka 3"
- HTML↠ klik disini
- File Rangkaian↠ klik disini
- Video Percobaan↠ klik disini
- Listing Program↠ klik disini
- Datasheet Arduino↠ klik disini
- Datasheet Button↠ klik disini
- Datasheet 7-Segment↠ klik disini
0 Komentar